April 22, 2013

Perkembangan Pesat Teknologi Komnunikasi dari Waktu ke Waktu

Saat ini kemajuan teknologi sangat berkembang pesat dan sangat membantu manusia dalam melakukan berbagai hal. Apa saja yang kita lakukan sebagai manusia selalu berkaitan dengan teknologi yang sangat sederhana maupun teknologi yang kompleks atau rumit.

Kemajuan teknologi ini sebenarnya terjadi karena adanya kebutuhan dari manusia sendiri akan pentingnya sebuah informasi. Bagaimana menyampaikan ataupun bagaimana caranya untuk menerima sebuah pesan yang berisi informasi atau sumber - sumber yang penting dan dibutuhkan oleh manusia. Dan kemajuan teknologi itu sendiri juga sangat membantu manusia salah satunya untuk berinteraksi satu dengan yang lain tanpa dibatasi oleh jarak maupun waktu.

Kemudahan yang terdapat pada teknologi mencangkup banyak hal yang sangat berbaur pada aspek kehidupan manusia. Seperti contohnya pendidikan, kesehatan, sosial, buadaya, bahkan bisnis ataupun pekerjaan. Pada dasarnya teknologi ini bisa ada dan berkembang hanyalah untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia agara dapat lebih mudah dalam berkomunikasi maupun melakukan sesuatu.

Kini kehidupan manusia dipengaruhi oleh teknologi yang ada dan berkembang. Padahal, pada jaman dulu semu tidak bergantuk pada teknologi. Hanya ada teknologi konvensional atau kuno yang berkembang dan digunakan, dan teknologi itu tidak membuat manusia bergantung dalam arti jika teknologi itu hilang, manusia masih dapat melanjutkan aktifitas dan hidupnya. Berbeda pada jaman sekarang, semua teknologi sangat memudahkan semua pekerjaan manusia. Hingga manusia disadari atau tidak, merasa nyaman akan kondisi ini. Dan bila suatu teknologi hilang, manusia seakan tidak dapat secara utuh melanjutkan pekerjaan atau aktifitasnya.

Dunia berubah, kini segala teknologi dibutuhkan dan menjadi prioritas utama bagi manusia.
Namun banyak hal atau faktor negatif maupun positif yang terkandung dalam teknologi tersebut. Teknologi komunikasi. Hampir semua orang pasti sudah mengetahui dan menjadi penggunanya dalam keseharian. Sebut saja handphone. Sekarang semua kalangan sudah dapat mengoperasikan teknologi tersebut. Handphone merupaka salah satu wujud konkrit dari perkembangan teknologi komunikasi ini. Dengan kecanggihan teknologi, bahkan fungsi handphone tidak hanya sebagai alat komunikasi audio saja, tetapi bisa sebagai teknologi entertainment seperti mengakses internet, bermain game, mengirim pesan singkat, mengirim gambar, berfoto, dal lain - lain. Dampak dari penggunaan handphone atau telepon genggam ini sedikit banyak tidak disadari oleh kita sebagai pengguna.

Di Indonesia saat ini masyarakat sangat menggemari dengan berbagai teknologi yang muncul. Salah satu teknologi komunikasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia pada jaman ini adalah teknologi internet. Di manapun dan kapanpun, siapa saja dapat mengakses dan menggunakan fasilitas yang diberikan internet. Internet memang sangat memudahkan. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini sangat berbaur dan mencakup berbagai aspek dalam kehidupan manusia, seperti aspek sosial, budaya, pendidikan, kesehatan, bahkan pekerjaan hingga bisnis yang sedang kita jalani atau kita lakukan. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia selalu mengadapsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya penggunaan internet menjadi hal yang wajar dilakukan sehari – sehari. Jaman dahulu sebelum munculnya internet, masyarakat Indonesia harus menempuh jarak yang jauh untuk menyampaikan pesan tertulis kepadan orang lain. Sekarang dengan berkembangnya teknologi, hal itu tidak perlu dilakukan lagi. Namun ada dampak negatif yang ditimbulkan terlepas dari semua kemudahan – kemudahan yang ada. Seperti misalnya kecenderungan adiksi. Perasaan tersebut cenderung mendorong orang – orang untuk terus – menerus menggunakan teknologi dan seakan tidak dapat hidup tanpa adanya teknologi didekatnya. Hal – hal seperti itu harus dapat diatasi dengan adanya pengontrolan terhadap diri sendiri. Sehingga kita juga sadar akan keadaan disekitar kita dan tidak hanya memfokuskan diri pada fasilitas dan program yang ditampilkan dan yang ditawarkan oleh internest sendiri.

Handphone dan internet hanyalah contoh kecil dari munculnya dan berkembangnya teknologi komunikasi yang ada. Dan dengan adanya handphone dan internet, dampak yang dirasakan semua orang juga sangat terlihat jelas. Banyak sekali hal yang dimudahkan dan dapat dilakukan tanpa harus adanya kontak secara langsung. Contoh lain dari kemajuan teknologi komunikasi yang sangatlah canggih adalah menemuan dan peluncuran satelit, pemancar pada abad ke 20. Setelah itu penemua dilanjutkan dengan munculnya berbagai teknologi komunikasi generasi kedua seperti jaringan selular dan lain – lain. Teknologi komunikasi canggih ini sangat membantu dan mendekatkan setiap orang, walaupun kenyataannya mereka berada jauh satu dengan yang lain. Dengan munculnya berbagai teknologi ini, maka secara tidak langsung melunturkan budaya – budaya dan teknologi konvensional pada jaman dahulu. Orang tidak lagi surat – menyurat dan menggunakan printing untuk menyampaikan informasi penting. Cukup dengan menekan satu tombol, kini semua orang dapat mengetahui informasi penting yang ingin kita sampaikan. Dengan begitu, writing era (yang berkembang pada jaman 4000 sebelum masehi, dengan menulis di tanah liat ataupun dinding) dan printing era (yang berkembang pada tahun 1450 ketika Johann Gutenberg pertama kali menemukan mesin cetak) sudah berganti menjadi telecommunication era dan interactive communication era yang berkembang di awal tahun 19an hingga jaman ini.

Maka dari itu, sebagai generasi muda kita harus lebih kritis dalam berpikir. Sehingga kita bisa menjaga budaya konvensional dalam teknologi komunikasi serta dapat juga dengan aktif terlibat dan memahami dalam berkembangnya teknologi komunikasi pada jaman ini. Namun hal tersebut tetap dalam kontrol diri, sehingga kita tidak terikat tapi menggunakannya dengan tanggung jawab dan memberikan dampak yang positif.

-pamelaelvina-

No comments:

Post a Comment