April 22, 2013

Makna dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Masyarakat

Setiap orang memiliki dan membutuhkan alat yang memudahkan sekaligus memberi dampak positif pada setiap aktivitas yang dilakukan. Salah satu alat dan atau teknologi yang memudahkan manusia adalah teknologi komunikasi. Teknologi telekomunikasi didefinisikan sebagai sebuah alat untuk menyampaikan sebuah informasi secara jarak jauh dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Kita semua pasti menyadari bahwa perkembangan teknologi komunikasi atau telekomunikasi memberi dampak, manfaat, serta sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Selain sebagai salah satu media informasi, mempercepat komunikasi, teknologi telekomunikasi juga memudahkan manusia dalam menyelesaikan segala macam aktivitasnya.
Teknologi informasi dan komunikasi dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang dapat menghemat biaya dan paling efisien dibandingkan dengan metode konvensional.
Teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, banyak orang mulai memanfaatkan dengan cara menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang.
Pemanfaatan teknologi telekomunikasi ini terdapat didalam berbagai bidang dalam kehidupan. Seperti pendidikan, bisnis atau usaha, sosial, dan lain – lain.

Pendidikan
Dengan adanya teknologi telekomunikasi, setiap orang dapat berbagi hasil penelitian. Dengan cara memuatnya dalam internet, sehingga mudah dimanfaatkan orang lain disegala penjuru dunia dengan cepat. Atau mengikuti kelas online. Aplikasi kelas online dapat digunakan untuk lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti universitas dan sekolah-sekolah terbuka.
Penggunaaan komputer juga menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama anak-anak yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena mereka menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan tugas atau belajar. Oleh karena itu orang tua juga harus berperan serta membimbing dalam belajar dan bermain, sehingga tidak menimbulkan ketergantungan.

Bisnis atau usaha
Dapat menggunakan layanan perbankan secara online, lewat sms atau internet banking yaitu transakasi yang dapat dilakukan adalah pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan.
Atau mengembangkan e-commerce, yaitu perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Pemerintahan
Dengan adanya teknologi komunikasi dan telekomunikasi, pemerintah dapat lebih lagi melayani kebutuhan masyarakat, seperti masalah kependdukan, pengurusan izin, administrasi, dan lain – lain.

Sosial
Menjadi sarana belajar bagi masyarakat luas, menjadi sumber informasi, dan lain – lain. Selain itu dengan adanya teknologi ini, kesejahteraan dan kesehatan atau aspek – aspek sosial lainnya dapat dengan mudah ditingkatkan.


Untuk dapat melakukan telekomunikasi, ada beberapa komponen yang harus ada, seperti:
1. Informasi adalah suatu hal yang mau disampaikan kepada orang lain (dapat berupa tulisan, suara, gambar, perilaku non-verbal, file dan sebagainya)
2. Pengirim informasi adalah menyalurkan informasi kepada orang-orang dengan berbagai macam cara. Contohnya: berbicara, menuliskan surat atau pengumuman, dan lain-lain
3. Media adalah sebuah alat atau medium yang digunakan untuk menyalurkan informasi
4. Penerima informasi adalah menerima informasi berupa tulisan, suara, gambar(non-verbal) yang dikirimkan oleh si pengirim informasi

Hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang teknologi informasi tersebut telah mampu mengatasi sebagian besar masalah manusia dalam kegiatan pemenuhan kebutuhan hidup. Di zaman yang modern ini semua serba instan, cepat dan tepat. Walaupun demikian, penyalahgunaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga sering dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti kegiatan kejahatan. Maka dari itu sebagai generasi muda, kita seharusnya mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini untuk menjadikan hidup kita ke arah yang lebih baik. Serta menggunakannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga memberikan dampak dan manfaat yang positif.

-pamelaelvina-

No comments:

Post a Comment